Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menggandakan Probiotik

Friday, November 18, 2011

Share this history on :

Probiotik adalah Gabungan unsur dari beberapa Mikroba yang menguntungkan. Sudah lebih dari 20 tahun Probiotik digunakan dalam kehidupan manusia, namun masih sedikit sekali yang mengetahui bahwa banyak manfaat dari Probiotik. Hal terpenting dari sebuah ilmu adalah bukan saat dia ditemukan tetapi saat diaplikasi dan dipergunakan dalam kehidupan dan mempermudah dalam segala hal dan memperbaiki kehidupan itu sendiri.
Saya mencoba untuk mempraktekkan ujar-ujar orang tua bahwa ilmu dibagi akan semakin bertambah. Salah satunya adalah ttg Probiotik. Banyak Pakar yang bicara bahwa Probiotik tidak bisa sembarangan digandakan, tidak mudah untuk dikembangkan, dll. Tetapi hasil Riset kecil-kecilan  saya di Lapangan menunjukkan hasil sebaliknya.
Hal-hal yang bisa saya sampaikan adalah sebagai berikut:
1.     Probiotik tidak mengenal Kadaluarsa
Dibanyak Label Pupuk Organik dan Probiotik buat hewan atau budidaya ikan disebutkan bahwa Prebiotik ada kadaluarsa: 1 tahun – 2 tahun.
Nyatanya: TIDAK ADA KADALUARSA. Mikroba tidak mengenal kadaluarsa seperti makhluk hidup lainnya. Bahkan Mikroba dibekali kemampuan untuk membentuk spora dan mati suri saat kehabisan makanan dan jika makanan (feed organic) yang cocok buatnya ada kembali, maka mikroba akan membelah diri lagi dan memperbanyak dalam waktu yang sangat singkat.
2.     Probiotik tidak mudah digandakan
Sampai hari ini kepentingan bisnis membuat Paradigma yang keliru: Probiotik tidak mudah digandakan. Bagaimana itu bisa terjadi lha wong Mikroba itu adalah makhluk pengurai seperti cacing yang sudah ada jutaan tahun yang lalu dan sampai sekarang masih ada?....darimana mereka berasal selama ini? Kalau sulit digandakan, mikroba seharusnya sudah punah sejak lama.
Nyatanya: TIDAK SULIT DIGANDAKAN. Asalkan Feed organicnya cocok (dan Mikroba gak pernah kesulitan mendapatkan feed organic dari alam sekitar), Mikroba dapat membelah diri dan memperbanyak jumlah yang sangat mencengangkan dalam waktu yang sangat singkat. Bisa ratusan juta bahkan milyaran jumlahnya.
Feed organic atau bahasa sederhananya adalah makanan pokok yang dijadikan konsumsi Mikroba dalam memperbanyak diri. Jenis makanan itu bisa dari banyak sumber, antara lain:

-       Molases atau Limbah Tetes Tebu.
-       Gula Pasir/Gula Merah/Gula Batu
-       Blotong atau Limbah batang tebu
-       Terasi
-       Ikan busuk
-       Air kencing kelinci/sapi/kuda
-       Limbah Jamu
-       Limbah sayur-mayur
-       Limbah buah, dll

Banyak khan? Dan mudah didapat lagi.
Nah, kalau begitu bisa dong Probiotik diperbanyak sendiri?
Jawabannya BISA. Caranya yang biasa saya pakai adalah sebagai berikut:
Untuk membuat 1 liter Probiotik menjadi 20 liter Prebiotik (1 jerigen) adalah:
-       Biang Probiotik 1 liter
-       Molases 1-2 gelas
-       Terasi ¼ kg
-       Gula Pasir/Gula merah 1 kg
-       Air kencing kelinci 1 liter
-       Campurkan semua bahan ke dalam jerigen 20 liter dan kemudian isi air sampai jerigen tersebut penuh.
-       Tutup jerigen rapat-rapat dan diamkan selama 15 hari
-       Prebiotik sudh bisa dipergunakan. 20 liter…!!!
Kalau mau diperbanyak lagi, ulangi cara diatas dan pada akhirnya kita bisa membuat Probiotik dari 1 liter menjadi beribu-ribu liter sesuai kebutuhan kita. Percayalah, berhasil…!!! Saya sudah membuktikannya bertahun-tahun dan sudah mengaplikasikannya pada banyak hal.

image
Gambar: Jerigen yang dipakai untuk menggandakan Probiotik
1.    Manfaat Probiotik
Probiotik selama ini dibuat bermacam-macam jenis dengan merk yang berbeda-beda dan harganya juga bervariasi. Ada yang memproduksi Probiotik buat Pupuk Pertanian, Probiotik buat Planter Tambak, Probiotik buat hewan rumenansia, Probiotik buat Unggas, bahkan ada yang menjual Probiotik buat manusia. Hehehehe…..
Nyatanya SAMA SAJA PROBIOTIKNYA. Ya itu-itulah….
Orang tua angkat saya seorang Doktor Pertanian. Beliau pernah ke Pabriknya dan pernah bertemu dengan seorang Profesor yang memproduksi Probiotik tersebut. Pada waktu orangtua angkat saya di rumah sang Profesor, orang tua angkat saya melihat ada beberapa merk terkenal di rumah yang Profesor pembuat Probiotik itu. Nyata benar bahwa itu ibarat 1 ceret/teko air kemudian dituangkan ke banyak gelas dengan banyak merk dan dijual di pasaran dengan variasi harga. Hahaha….
Jadi saya bisa katakan disini, bahwa Probiotik yang sudah bisa kita gandakan disini bisa dimanfaatkan untuk banyak macam, antara lain:
-       Sebagai Pupuk Organik pada tanah, perkebunan, pertanian
-       Sebagai Dekomposer/Pengurai sampah
-       Sebagai Penghilang Bau WC dan anti sedot WC
-       Sebagai Pembersih Porselen/keramik
-       Sebagai mikroba yang membantu proses pencernaan manusia dan hewan ternak
-       Sebagai Lulur wajah
-       Sebagai Campuran Kosmetika
-       Sebagai bahan pembantu Planter Tambak
-       Sebagai pengendali Amdal/Ipal
-       Dan lain-lain….
Dahsyat khan?......dan senangnya saat ini bisa kita perbanyak sendiri tidak perlu keluar banyak biaya untuk membelinya.

sumber : greenindonesia

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...