Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bakteri Juga Perlu diberi Makan

Friday, November 18, 2011

Share this history on :

image KOMPAS.com - Anda mungkin sudah paham manfaat probiotik atau bakteri baik untuk kesehatan usus. Namun, tak banyak yang mengerti bahwa bakteri baik ini juga perlu nutrisi, yakni prebiotik.
Secara alamiah, usus kita dihuni oleh bakteri baik, misalnya Lactobacillus acidophilus dan L.bulgaricus, dan bakteri jahat, seperti bakteri patogen, virus, dan jamur. Bakteri-bakteri itu hidup dalam keseimbangan. Jika keseimbangan terganggu, misalnya akibat penggunaan antibiotik atau stres, sehingga bakteri jahat meningkat,  maka kesehatan orang yang bersangkutan akan terganggu.
Seperti halnya organisme hidup lainnya, probiotik membutuhkan makanan. Prebiotik merupakan makanan yang sesuai bagi bakteri baik, tapi tidak cocok untuk bakteri jahat, sehingga bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus. Kombinasi probiotik dan prebiotik untuk meningkatkan kesehatan tubuh disebut sinbiotik.
"Tanpa prebiotik, probiotik tidak akan bertahan lama atau melakukan fungsinya dengan baik," kata Gary Huffnagle, Ph.D, profesor penyakit dalam dan mikrobiologi dari Universitas Michigan. "Prebiotik akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan probiotik untuk tetap hidup dan menggandakan diri," kata penulis buku The Probiotics Revolution, ini.
Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, konsumsilah serat yang mudah larut, seperti inulin dan fructo-oligosaccaharides (FOS). Makanan yang kaya inulin dan FOS antara lain asparagus, bawang putih, pisang, apel, serta gandum. Prebiotik secara alami juga terdapat pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan tauco,  kaya akan prebiotik.

Berikut ini saran Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, ahli gizi klinis dari Klinik Nutrifit, cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh:

1. Konsumsi yoghurt
Susu fermentasi ini dikenal mengandung bakteri baik, Bifidobakterium dan Laktobasilus. Kedua jenis bakteri ini bekerja keras menjaga kesehatan usus dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. “Saluran cerna yang baik berarti kekebalan tubuh baik. Sebab, 70 persen kekebalan tubuh manusia ditentukan dari kesehatan pencernaan,” katanya.

2. Perbanyak serat
Serat adalah jodoh bakteri baik dalam menjaga kekebalan tubuh. Jumlah yang disarankan 25-35 gram sehari atau setara 5 macam buah dan 3 macam sayur sehari. Sumber serat yang lain adalah sereal, kacang-kacangan yang tidak digoreng, roti gandum.

3. Tambahkan 2 gelas air
Banyak makan serat berarti harus menambahkan konsumsi air putih sebanyak 2 gelas. Bila Anda biasa minum 8 gelas air sehari, setelah mengasup banyak serat, konsumsi air putih Anda kini harus 10 gelas sehari.

4. Hindari kebiasaan tak sehat
Kebiasaan tak sehat merusak kekebalan tubuh, termasuk di antaranya konsumsi kafein terlalu banyak, merokok, minum alkohol, terkena polusi. Zat-zat racun dalam kebiasaan tak sehat itu akan merampok efektivitas vitamin dan mineral peningkat kekebalan tubuh yang sudah diasup.

www.suaramedia.com dalam ukmptk
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...