Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tanaman Obat Untuk Mengatasi Bakteri/Jamur pada Ikan Air Tawar

Saturday, September 17, 2011

Share this history on :

Indonesia sebagai negara tropis memiliki kekayaan tanaman yang berpotensi menjadi obat. Banyak jenis tanaman yang mengandung senyawa yang bersifat antimikroba. Sejumlah tanaman mengandung senyawa berifat bakterisidal (pembunuh bakteri), dan bakteristatik (penghambat pertumbuhan bakteri).
Salah satu penanggulangan penyakit ikan air tawar yang aman adalah dengan mengunakan tanaman obat. Fitofarmaka yang digunakan sebagai pengganti antibiotik untuk mengatasi penyakit ikan adalah bawang putih

daun ketapang

Bahan lainnya adalah daun sirih

daun jombang

dan daun sambiloto

Dari beberapa percobaan, fitofarmaka terbukti efektif mengatasi penyakit ikan air tawar dan memiliki beberapa keuntungan, seperti:
Pertama, dapat menjadi bahan alami pengganti antibiotik untuk pengendali penyakit yang disebabkan bakteri. Kedua, ramah terhadap lingkungan, mudah hancur, dan tidak menyebabkan residu pada ikan dan manusia. Ketiga, mudah diperoleh dan tersedia cukup banyak, keempat harganya ekonomis dan cukup murah.
maaf ny saya repost dr web org infonya ,tapi dri sumbernya orgnya tdk menjelaskan cara penggunaan obat herbal tsb
jadi saya mau tnya agan2 ada yg tau cra menggunakan tanaman herbal yg diatas untuk mengatasi bakteri/jamur pda ikan air tawar cz saya msh newbie di dunia perikanan air tawa

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...