Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tips gratis membuat EM4

Monday, August 8, 2011

Share this history on :

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kiriman Email dari sahabat yang berisi tentang cara lain membuat EM4 atau effective microorganism, yaitu kumpulan mikroorganisme positif yang berperan dalam membantu proses dekomposisi bahan organik maupun meningkatkan kesuburan tanah sekaligus menambah daya tahan tanaman terhadap penyakit.  Cara ini saya rasa bisa menjadi alternatif lain dalam  MEMBUAT EM4. Cara yang lain sudah pernah saya tulis, silakan dilihat DISINI.
Memang, jika menggunakan cara yang pernah saya tulis dahulu, menurut petani kelompok kami, baunya cukup menyengat (karena menggunakan rumen sapi?).  Sedangkan menurut cara dibawah ini, mungkin tidak menimbulkan bau yang kurang sedap karena menggunakan bahan-bahan nabati.  Baiklah, caranya akan saya kutip semuanya untuk anda, semoga bermanfaat.
Bahan-bahan :
- Sampah sayur, terutama kacang-kacangan
- Kulit buah-buahan (papaya, pisang, rambutan, mangga, dsb.)
- Bekatul, secukupnya
- Gula merah, sedikit saja
- Air beras, secukupnya
Cara membuat:
Sampah sayur, kulit buah-buahan dan bekatul dicampurkan. Tempatkan misalnya di dalam sebuah ember atau penampung yang lain. Tutup. Sambil kadang-kadang diaduk, biarkan selama satu minggu sampai membusuk sehingga menjadi EM1.
EM singkatan dari Effective Microorganism, yaitu jasad renik "ganas" yang akan mempercepat proses pengomposan.
Ditengarai dengan angka 1 karena inilah cairan mikroorganisme yang terbentuk setelah mengalami dekomposisi selama satu minggu.
Langkah berikutnya cairan EM1 dicampur dengan sampah sayur dan kulit buah-buahan. Kemudian didiamkan lagi selama satu minggu.
Cairan baru yang terbentuk disebut dengan EM2.
Cairan EM2 dicampurkan dengan bekatul, gula merah dan air beras. Dan didiamkan lagi selama satu minggu sehingga menjadi EM3.
Diamkan lagi selama satu minggu tanpa menambahkan apa-apa. Cairan itu telah menjadi EM4.
Untuk penggunaan silakan bisa dilihat DISINI.  EM4 bisa digunakan untuk pertanian, untuk peternakan saya rasa bisa, tetapi saya belum pernah mencobanya, mungkin pembaca ada yang pernah mencoba untuk ayam, kambing, sapi dll dan dampaknya.
(dikutip : dari berbagai sumber)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment